iPhone 5 Singkirkan Samsung Galaxy S III ke urutan tiga

By , - Thursday, February 28, 2013 | 5:11 AM
Perang antara dua produsen smartphone dunia, Samsung dan Apple kembali dimenangkan oleh Apple. Melaui produk andalannya iPhone 5, Apple berhasil mendominasi di jajaran smartphone terlaris dunia. iPhone 5 merangsek naik menjadi smartphone paling banyak pembelinya dan menyerat Samsung Galaxy S III ke urutan ketiga. Dengan kata lain, Apple mendominasi tiga besar Smartphone terlaris dunia. Untuk posisi dua juga dipegang oleh produk lainnya iPhone 4S. Hasil ini berdasarkan riset yang dilakukan perusahaan Strategy Analytics. Penelitian ini merupakan hasil yang diambil pada kuartal terakhir atau kuartal empat pada tahun 2012.

Dalam penelitian tersebut, iPhone berhasil menjadi smartphone paling laris dengan menjual 37,4 juta unit. Produk andalan Apple lainnya yang menduduki peringkat dua, iPhone 4S tercatat telah menjual 17,juta unit, atau selisih 10 juta unit dengan iPhone 5. Sedangkan Samsung Galaxy S III hanya mampu menjual 15,4 juta unit. Semua penjualan tersebut dilakukan dalam jangka waktu yang sama yakni pada tiga bulan terakhir tahun 2012. Dengan data penjualan tersebut maka sudah jelas bahwa pegerakan pasar Apple meningkat menjelang akhir tahun 2012. Hal tersebut sekaligus membuktikan dominasi produk Apple di pasar smartphone dunia. Karena jika penjualan dua produk andalan Apple tersebut, maka Apple berhasil menguasai 20 persen  pasar.

Dari data hasil riset pada kuartal empat tersebut, produk apple mengamali peningkatan yang signifikan. Hal ini berdasarkan riset yang dilakukan oleh Strategy Analytic pada kuartal sebelumnya. Berdasarkan riset yang dilakukan, Produk Samsung Galaxy S III berhasil menjadi smartphone terlaris di kuartal tiga tahun 2012. Dengan memperoleh 18 juta penjualan Samsung berhasil unggul atas dua produk rivalnya. Apple dengan Smartphone iPhone 5 dan iPhone 4S hanya menduduki peringkat kedua dan ketiga. iPhone 4S hanya berada di peringkat kedua dengan mengantongi angka penjualan 16,2 juta unit. Sedangkan iPhone 5 hanya mengumpulkan 6 Juta Unit.

Dari data tersebut membuktikan bahwa penjualan iPhone 5 pada kuartal ketiga tahun 2012 tidak sampai separuh dari penjualan yang diperoleh Samsung. Bahkan penjualan iPhone 5 hanya sepertiga dari angka penjualan Galaxy S III. Pasar iPhone 5 baru bergerak sporadis menjelang akhir tahun. Tidak tanggung-tanggung, penjualan iPhone 5 meningkat hampir lima kali lipat di kuartal ketiga. Hebatnya lagi, dengan penjualan Samsung yang sangat tinggi berhasl menyeret Galaxy turun drastic ke posisi tiga.

Secara keseluruhan, perkembangan pasar tersebut membuktikan bahwa penduduk dunia mulai beralih menggunakan Smartphone. Pada kuartal ketiga tercatat, penjualan Smartphone secara keseluruhan sebesar 172 juta unit. Angka ini mengalami kenaikan pada kuartal keempat tahun 2012. Pada kuartal empat total penjualan Smartphone naik hingga 217 juta unit. Artinya, pengguna smartphone di seluruh dunia mengalami peningkatan pesat.

0 Komentar

Tulis Komentar

Design by Kumpulan Video Lucu - Powered by Blogger
Copyright © 2013 Berita Hot Terpopuler