DropBox: Cara Mudah Membuat Situs yang Sederhana

By , - Saturday, February 16, 2013 | 2:40 PM

Membuat sebuah situs, yang paling sederhana sekalipun, mengharuskan kita mengeluarkan uang untuk membayar jasa hosting. Jika tidak, sungguh sulit membayangkan usaha yang harus dilakukan untuk sekadar menemukan jasa hosting yang gratis dan cukup memadai. Bagaimana mengatasi hal ini? Sederhana. Jasa backup online seperti Dropbox bisa digunakan sebagai alternatif host bagi situs yang hendak dibuat.

    Ada satu prasyarat harus Anda perhatikan/penuhi sebelum bisa mencapai tujuan di atas. Situs yang hendak dibuat dan di-hosting dengan menggunakan Dropbox haruslah benar-benar sederhana. Artinya, tidak ada hal-hal yang sekiranya bisa memberatkan penggunaan Dropbox seperti misalnya: desain situs terkait tidak boleh rumit dan penuh detil, template yang digunakan pun sebaiknya tidak terlalu ‘wah’ demikian pula dengan fitur-fitur yang dipasangkan ke halaman situs tersebut. Sebagai gambaran, sebuah situs yang di-host menggunakan Dropbox hanya bisa menawarkan hal-hal standar seperti pengunggahan tulisan blog atau, jikapun hendak digunakan untuk media bisnis, situs tersebut hanya akan mampu menampilkan fitur-fitur mendasar seperti artikel terkait promosi. Ingat, hanya 250GB saja yang disediakan oleh Dropbox untuk batasan lalu-lintas internet, itu pun untuk akun berbayar. Akun gratis hanya memiliki kapasitas sebesar 10GB.
   
DropPages
    DropPages adalah salah satu layanan yang bisa digunakan oleh Anda untuk meng-host situs-berbasis-Dropbox. Tentu, Anda diharuskan sudah memiliki akun di Dropbox untuk mendapat akses kepada DropPages.

Ketika Anda telah memasukkan identitas akun Dropbox Anda ke halaman pengisian kredensial DropPages, pada akun Dropbox Anda akan secara otomatis tercipta beberapa folder turunan. Folder-folder turunan ini bisa dicari dengan alur: Dropbox > Apps > DropPages dan akan tetap tidak memiliki isi sampai akhirnya Anda membuat situs pertama sesuai kehendak Anda. Untuk layanan gratis, DropPages menyediakan Anda beberapa pilihan nama untuk subdomain.



Agar bisa membuat situs dengan domain yang sesuai dengan preferensi yang Anda miliki, layanan DropPages bisa ditingkatkan levelnya menjadi Akun Pro (baca: Pro Account) dengan membayar sebesar £5 per bulan. Ini juga bisa berguna untuk Anda yang memerlukan batasan lebih dari 50MB untuk situs yang mereka bangun. Hal lain yang menarik adalah DropPages memberikan penggunanya kelebihan dalam hal tema situs (web-themes), yang terdiri dari tiga jenis—bisa disesuaikan dengan tujuan apa yang dimiliki dalam membuat situs itu sendiri.

    Ketika mengakses akun Dropbox, Anda akan menemukan layanan DropPages dalam tiga jenis folder. Pertama adalalah folder Content. Folder ini mengumpulkan berkas-berkas tulisan yang telah diubah menjadi HTML oleh DropPages secara otomatis. Kedua, folder Public yang berisikan CSS, gambar-gambar, dan juga konten-konten yang bisa diunduh. Folder Template, yang ketiga, adalah tempat yang bisa dijadikan pusat pengubahan template situs. Perlu dimengerti bahwa template adalah tempat semua hal terkait dengan menu atau informasi mengenai navigasi suatu situs disimpan.

    Setelah menyusun template yang diminati, semua berkas bisa diunduh dan Anda bisa mengganti berkas yang sudah ada dalam folder DropPages di akun Dropbox. Cara ini dinilai paling sederhana sekaligus paling mudah untuk digunakan dalam pembuatan sebuah situs mengingat seorang pengguna bisa dengan mudah mengganti konten sementara dalam template tesebut dengan konten pilihan sendiri. Juga, dengan jalan ini, pembuatan sebuah situs tidak lagi rumit sebab proses-proses detil yang terkait dengannya bisa ditangani dengan baik (contohnya saja adalah Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan betapa rumit proses pengaturan sidebar atau menu, atau fitur-fitur lain yang diperlukan dalam antarmuka sebuah situs.) Sebagai tambahan, bersabarlah menanti situs Anda bisa tersusun secara sempurna. Perubahan-perubahan yang diaplikasikan tidak terlihat secara serta-merta.

0 Komentar

Tulis Komentar

Design by Kumpulan Video Lucu - Powered by Blogger
Copyright © 2013 Berita Hot Terpopuler